Kamis, 27 Desember 2012

PEMBUATAN SANGKAR BURUNG BERKWALITAS



Dalam Pembuatan sangkar BURUNG Hendaklah memilih bahan kayu yang berkulaitas dan tahan lama untuk itu saya saran kan memilih bahan kayu seperti di bawah ini :
  1. Kayu Jati 
  2. Kayu Sono keling
  3. Kayu  Mahoni
  4. Kayu Nangka
Kayu tersebut adalah kayu yang berkualitas dan baik untuk pembuatan sangkar burung, Ukiran,Pahat Patung Ataupun Untuk Bahan Pembuatan Exterior maupun Interior.Yang tentunya kayu tersebut sudah berusia diatas 35 Tahun Dari Mulai pembibitan. karna kekerasan kayu sudah mulai padat hingga banyak kalayak umum yang mengatakan kayu dari jenis tersebut diatas adalah termasuk kayu golongan kayu keras.Yang mudah untuk dibentuk sesuai keinganan pemakai dan pembuat.Dalam Pembuatan Sangkar ini  ada 4 Tahap yang harus dicermati .Adapun 4Tahap tersebut adalah             
  1. Bahan Kayu
  2. Bahan bambu
  3. Peralatan
  4. Pewarnaan
         Tahap Pertama :
 Bahan Kayu bahan kayu yang baik ialah bahan yang mimiliki bahan atau serat tidak dua arah atau berlawanan arah .Maka bahan yang baik yang dapat digunakan untuk pembuatan Sangkar Burung ialah Kayu Jati Kayu ,Sonokeling, Kayu Mahoni, dan Kayu Nangka.Yang sudah diPendam Dalam Lumpur Atau sudah dapat Dipakai .Biasanya kayu Yang diperoleh dari industri Kayu Olahan sudah Melalui proses Pengawetan kayu.Kayu yang sudah berbentuk papan atau Balok Biasanya Sudah Dapat Dipakai Dalam Pembuatan Sangkar Burung.
Tahap Kedua :
Bahan Bambu Yang baik dan dapat digunakan Untuk pembuatan Snngkar Burung,Ialah Bambu Hutan.Ada 2 Jenis Bambu yang baik untuk Pembuatan sangkar Burung .Yaitu Bambu Hijau Dan Bambu Hitam.Bambu Tersebut Adalah Bambu yang memilki Ruas Atau (Buku ) Yang Jaraknya Bekisar Antara 40 cm Hingga 60 cm.Bambu ini Banyak Yang Menyebutnya Bambu Tali Karna Bambu tersebut tidak mudah Patah Dan Lentur Untuk Digunakan.Lebih tahan Lama Dibanding jika Kita memakai pengganti dengan PeberGlases.Biasanya bambu digunakan dalam pembuatan sangkar untuk jari-jari sangkar burung.atau disebut juga lidi( Jeruji).
         
  Tahap Ketiga :
  • Peralatan Untuk peralatan Gunakanlah peralatan yang sesuai dan setandar adapun peralatan yang baik untuk digunakan .Gergaji kayu Yaitu gergaji Potong.
  • golok gunakanlah golok tebang yaitu golong yang berat kedepan jika kita menggunakannya.
  • gergaji Triplek yaitu Untuk Pembuatan desain Kayu atau gunakanlah JackShow yaitu gergaji mesin untuk membentuk pola yang kita inginkan.
  • Palu gunakanlah yang sesuai dengan ukuran paku jika paku ukuran 1cm hingga 3 cmGunakanlah Palu Yang ukuran kecil.pemakaian palu yang tidak seimbang akan merusak ben tuk sangkar  burung.
  • alat ukir untuk hasil yang lebih baik gunakanlah alat ukir modren yang menggunakan listrik karna jika kita pemula menggunakan alat ukir manual akan menghabisan bahan kayu.dan hasil yang kurang memuaskan.
  •  sebagai bahan alat pelengkap lainnya yang perlu gunakan adalah :Meteran,Paku, Lem Kayu, Dempul kayu, Amplas.Bor Mesin ukuran kecil.
Tahap Pewarnaan
Untuk pewarnaan sangkar burung dapat digunakan dengan bahan Cat minyak ( Cat Kendaraan ).Pernis.atau Pewarna Sablon ( Pigmen).Untuk Hasil Yang memuskan gunakanlah Cat kendaraan Karna lebih tahan lama.Dan Indah Untuk Di Pandang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar